LAPORAN
TUGAS DISKUSI
B.Indonesia
Chintia
Anggreni
Agata
apriana
Novi
nursela
Fransiska
berna
XI IPS 1
Sma N 1
Ketapang
a Dialog tentang Diskusi KELOMPOK ILMIAH REMAJA (KIR)
Sambutan
Moderator
Ass , yth
pak guru dan teman2 yang saya cintai, puji syukur kita panjat kan kepada allah
swt karna dengan rahmatnya lah kita dapat berkumpul di ruangan ini . sebelum
lebih lanjut , hari ini kami akan membahas tentang lokakarya Kelompok
ilmiah remaja . kita akan mendengar
lebih lanjut tentang kelompok remaja ilmiah dari Dr . Chandra kemala . mari kita persilah kan Dr Chandra kemala
menyampaikan pandangan nya tentang KIR
Dr.Chandra kemala
Dr.Chandra kemala
Mungkin diantara kalian banyak
yang belum tau apa itu KIR .
kelompok Ilmiah Remaja (K I R) adalah kelompok remaja yang melakukan serangkaian kegiatan yang menghasilkan suatu hasil yang disebut karya ilmiah. Karya ilmiah itu sendiri mempunyai arti sebagai suatu karya yang dihasilkan melalui cara berpikir yang menurut kaidah penalaran yang logis, sistematis, rasional dan ada koherensi antar bagian-bagiannya. Sebagai suatu kegiatan ekstrakurikuler di tingkatan SLTP, SMU, SMK , Madrasah bahkan Pondok Pesantren, K elompok I lmiah Remaja (KIR) ini merupakan suatu organisasi yang sifatnya terbuka bagi para remaja yang ingin mengembangkan kreativitas, ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa kini maupun masa mendatang.
kelompok Ilmiah Remaja (K I R) adalah kelompok remaja yang melakukan serangkaian kegiatan yang menghasilkan suatu hasil yang disebut karya ilmiah. Karya ilmiah itu sendiri mempunyai arti sebagai suatu karya yang dihasilkan melalui cara berpikir yang menurut kaidah penalaran yang logis, sistematis, rasional dan ada koherensi antar bagian-bagiannya. Sebagai suatu kegiatan ekstrakurikuler di tingkatan SLTP, SMU, SMK , Madrasah bahkan Pondok Pesantren, K elompok I lmiah Remaja (KIR) ini merupakan suatu organisasi yang sifatnya terbuka bagi para remaja yang ingin mengembangkan kreativitas, ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa kini maupun masa mendatang.
TUJUAN
Tujuan yang harus dicapai oleh anggota KIR secara individual adalahpengembangan sikap ilmiah,
kejujuran dalam memecahkan gejala alam yang ditemui dengan kepekaan yang tinggi dengan metode
yang sistematis, objektif, rasional dan berprosedur sehingga akan didapatkan kompetensi untuk
mengembangkan diri dalam kehidupan.
Tujuan yang harus dicapai oleh anggota KIR secara individual adalahpengembangan sikap ilmiah,
kejujuran dalam memecahkan gejala alam yang ditemui dengan kepekaan yang tinggi dengan metode
yang sistematis, objektif, rasional dan berprosedur sehingga akan didapatkan kompetensi untuk
mengembangkan diri dalam kehidupan.
Peserta bertanya :
Menurut
anda( Dr.Chandra kemala ) , apa saja
manfaat yang bisa diambil dari kelompok ilmiah remaja tersebut ??
(Dr.Chandra)
Ya , saya
akan menjawab pertanyaan dari saudari ,
banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari KIR .K elompok ilmiah Remaja (K I R) yang dikembangkan di sekolah mempunyai berbagai manfaat bagi
siswa, adalah
banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari KIR .K elompok ilmiah Remaja (K I R) yang dikembangkan di sekolah mempunyai berbagai manfaat bagi
siswa, adalah
1.
Manfaat
Kelompok IlmiahRemaja(KIR) bagi siswa adalah
a. Membangkitkan rasa ingin tahu terhadap fenomen alam yang berhubungan dengan iptek;
b.Meningkatkan daya nalar terhadap fenomen-fenomena alam;
c.Meningkatkan data kreasi dan daya kreatif serta daya kritis;
d.Menambah wawasan terhadap iptek;
e.Meningkatkan keterampilan menguasai iptek;
f.Meningkatkan minat baca terhadap iptek;
g.Memperluas wawasan komunikasi melalui pengalaman diskusi, debat dan presentasi ilmiah.
a. Membangkitkan rasa ingin tahu terhadap fenomen alam yang berhubungan dengan iptek;
b.Meningkatkan daya nalar terhadap fenomen-fenomena alam;
c.Meningkatkan data kreasi dan daya kreatif serta daya kritis;
d.Menambah wawasan terhadap iptek;
e.Meningkatkan keterampilan menguasai iptek;
f.Meningkatkan minat baca terhadap iptek;
g.Memperluas wawasan komunikasi melalui pengalaman diskusi, debat dan presentasi ilmiah.
(Anit krismon ) Masalah2 pokok kir
Berikut
ini adalah rumusan dari masalah yg ada di KIR
Apakah
kegiatan kelompok ilmiah remaja berpengaruh terhadap siswa ?
Apakah
kegiatan kelompok Ilmiah remaja bisa meningkatkan siswa menghargai sesama teman orang tua dan
guru ?
(Dr.chandra
Kemala)
Ya ,
memang banyak sekali masalah2 dari KIR ini , kegiatan kelompok ilmiah remaja
ini jelas sangat berpengaruh terhadap siswa . selain meningkatkan kreativitas ,
ini juga bisa membuat pikiran kita maju untuk kedepannya . sedangkan kegiatan
kelompok ilmiah remaja ini bisa meningkatkan siswa menghargai sesama teman,
guru , dan orang tua . karna kir seperti ini tidak bisa hanya sendiri saja ,
melainkan bersama2 untuk terbuka kepikiran yg lebih luas .
Penutup ( Moderator)
Itu
adalah bahasan2 yang dapat kita ambil manfaatnya dari kelompok karya ilmiah
Berdasarkan
diskusi yang kita adakan tadi berikut ini kesimpulan dari KIR .
Ø KIR bisa meningkatkan pengetahuan
yang lebih luas .
Ø KIR menyalurkan kreativitas yang
kita miliki .
Ø KIR juga bisa menghargai teman, orangtua dan juga
guru bersangkitan.
Sekian
lah kesimpulan yang dapat saya ambil dari diskusi kali ini , Semoga dalam
diskusi yang di adakan hari ini teman2 semuanya dapat terbuka pikiran nya untuk
menjadi lebih pribadi yg kreatif lagi
dalam kir saat ini dan untuk masa yang akan datang . saya selaku Johan sarapan
mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran nya hari ini , Wassalam .
a Kesimpulan dari KIR
Ø KIR bisa meningkatkan pengetahuan
yang lebih luas .
Ø KIR menyalurkan kreativitas yang
kita miliki .
Ø KIR juga bisa menghargai teman, orangtua dan juga
guru bersangkitan.
Ø Menambah wawasan tentang KIR
Komentar
Posting Komentar